IG

Header Ads
#

KIAT BELANJA PRODUK ONLINE BESERTA TIPS AND TRIK



Saat ini kecenderungan masyarakat Indonesia untuk belanja produk-pruduk sekundernya telah mengalami pergeseran. Kalau dahulu pada ramai-ramai untuk mengajak seluruh keluarga untuk belanja ke mall karena disamping bisa melihat berbagai macam jenis produk yang di tawarkan juga sebagai sarana rekreasi.

Namun dengan perkembangan tehnologi kini hadir beberapa mall secara digital, dimana kita dapat melihat berbagai jenis pruduk yang di tawarkan melebihi yang disediakan mall yang nyata.
Bahkan kita bisa mencari produk yang kita inginkan dengan hitungan detik dan harganya pun sangat kompetitif, tanpa susah-susah kita berjalan dari gerai yang satu ke gerai yang lain apabila pergi ke mall yang nyata.

Namun kelemahan dengan membeli produk online kita memang tidak bisa melihat barang secara langsung dan membawa pulang dengan segera, mesti sabar untuk menunggu walau harus melakukan transaksi terlebih dahulu. Tentu saja hal tersebut karena proses selanjutnya ada pihak expedisi yang terlibat dan untuk itu perlu kiat dalam kita membeli produk-produk online.

Sampai saat ini masih banyak masyarakat yang masih awam melakukan transaksi pembelian produk secara online karena dengan pertimbangan kelemahan diatas masih di tambah dengan kabar buruk ada testimoni dari teman atau lingkungan terdekat yang tertipu saat melakukan pembelian secara online.

Untuk itu saya berikan Tips and Trik dalam melakukan pembelian produk-produk secara online.
Sebelum kita membeli maka akan saya kasih gambaran siapa saja yang berjualan produk di media online, karena banyak sekali penawaran produk dan kita harus paham sejauh mana bonafiditas atau ketersedian barang yang di janjikan oleh penjual.

Disini konsumen harus jeli dengan memperhatikan beberapa hal yang akan saya sebutkan di bawah ini :

  1. Penjual dalam mempromosikan produk bisa melalui media blog, situs atau website.
          Untuk yang melalui blog, situs atau media sosial sebaiknya yang perlu di perhatikan oleh
          pembeli adalah di amati dengan baik apakah media online tersebut mencantumkan informasi
          mengenai alamat keberadaan lokasinya (toko offline). Kemudian apakah juga informasi
          mengenai toko fisik tersebut di informasikan dengan detail tampak keberadaan tampilan
          tokonya atau stok barang yang di tawarkan. Hal itu perlu di cermati secara serius agar pembeli
          tidak tertipu dengan penjual yang sengaja melakukan penipuan.
          Kemudian langkah terakhir lakukan searching atau pencarian nama toko di situs tersebut di
          google mengenai jejak digitalnya. Nanti akan kelihatan mulai tanggal dan tahun berapa
          penjual melakukan promosinya serta aktif dan tidaknya melakukan promosi, sekaligus
          informasi apakah pernah ada pembeli yang merasa di kecewakan dengan nama situs atau toko
          tersebut.

      2. Penjual menawarkan produknya melalui layanan penyedia marketplace.
          Layanan penyedia market place adalah sebuah situs yang mempertemukan antara penjual dan
          pembeli secara nasioanal bahkan ada yang sudah international bahkan mengatur tatacara
          mengenai bagaimana penjual dan pembeli agar tidak saling dirugikan. Contoh adalah:
          LAZADA, TOKOPEDIA, BUKALAPAK, SHOPEE dan sebagainya.
     
          Pilihan melakukan pembelian pruduk secara online lewat cara yang kedua adalah yang saya
          rekomendasikan. Karena pembeli dapat di pastikan aman karena ada yang membuat peraturan
          dan melakukan perlindungan baik untuk pembeli dan penjual untuk tidak dirugikan.

Walaupun transaksi di layanan situs marketplace aman namun perlu trik-trik sebagai berikut agar anda saat bertransaksi merasa sesuai dengan yang diharapkan.

  • Carilah produk di mulai dengan lokasi kota anda, kalau memang tidak ada maka lihat secara umum.
  • pakailah lebih dahulu filter harga di mulai dari harga terendah.
  • Perhatikan kata-kata yang ada di deskripsi barang, karena biasanya penjual menyamarkan produk lewat keterangan yang di tampilkan. Contoh: bahan produk, karena produk biasanya terbuat dari besi namun karena harga murah anda tertarik untuk memilihnya padahal deskripsinya adalah bahan plastik.
  • Pastikan ukuran atau warna yang di inginkan dan beri warna cadangan, karena biasanya dalam deskripsi penjual melakukan aturan tanpa warna cadangan di berikan warna secara random.
  • Cermati berat produk karena penjual biasanya memberikan harga murah namun menambah berat produknya agar dapat keuntungan dari selisih ongkirnya.
  • Lakukan prosedur photo produk barang yang di terima terlebih dahulu di mulai dari step saat masih terbungkus, kemudian photo saat kemasan terbuka agar kelihatan tampak packagingnya dan photo tampilan produknya. Hal itu sangat di perlukan saat barang yang datang tidak berfungsi atau tidak sesuai dengan photo saat anda melakukan pembelian di toko tersebut.
  • Periksa promo yang di sediakan oleh penyedia situs layanan marketplace yang masih berlaku dan pelajari caranya dalam bertransaksi.  
Untuk langkah terakhir sangat di perlukan gunanya anda melakukan komplain apabila barang yang datang tidak sesuai dengan keinginan anda. Sedangkan cara mengkomplain dapat anda peroleh lewat fasilitas bantuan yang di sediakan oleh masing-masing penyedia situs marketplace. Jadi kesimpulan periksa terlebih dahulu barang yang anda terima sebelum melakukan tombol penerimaan barang lewat pesan email atau sms di handphone anda, karena saat itu uang anda masih aman.

Demikian tips dan trik yang saya sajikan untuk memulai bisa anda klik lewat iklan /advertising di beranda/home situs kami posisi kanan bawah atau klik produk online posisi kanan atas.
Selamat mencoba.
Untuk pemilihan expedisi banyak pilihan namun belum tentu semua toko mencantumkan semua pilihan expedisi, untuk itu pilihlah dengan bijak expedisi mana yang menurut anda baik.




        



Posting Komentar

0 Komentar